Troubleshooting Client Belum Terhubung ke Internet atau Router Mikrotik

kali ini kita akan membahas troubleshooting apa saja yang dilakukan apabila client belum konek ke internet atau router mikrotik.
coba kita cek satu persatu :
  1. Network adapter : coba lihat di bagian network adapter, ada berapa adapter yang terpasang. ada.
  2. Pengaturan IP Address: pengaturan ip address di client dan mikrotik harus sama. apabila pengaturan router menggunakan DHCP Server, maka client tidak perlu mengatur IP Address secara manual, setting otomatis ip nya atau obtain otomaticaly
  3. Perhatikan Kabel LAN : apakah kabel sudah terhubung dengan benar ke Router / switch? apakah lampu Router, PC/Laptop atau switch menyala?kalo lampu indikator tidak menyala, berarti belum tersambung.
  4. Matikan Firewall : Matikan firewall di pengaturan firewall di Control panel Windows. 
  5. Driver : pastikan driver network sudah terinstall di pc / laptop . coba dilihat di pengaturan control panel - device manager. apabila masih ada yang tanda seru, maka kemungkinan ada driver yang belum terinstall.
  6. Anti virus : apabila cara diatas belum berhasil juga, coba matikan antivirus yang terpasang di pc/laptopnya.
  7. Internet : cek koneksi internet dari sumbernya. bisa menggunanakan perintah new terminal di router atau dengan ping dan ipconfig di pc/laptop masing masing.
mungkin masih ada lagi troubleshooting yang lain tergantung kondisi dari masing masing PC/Laptop serta jaringan. Silakan Comment kalau ada yang mau menambahkan.
Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat RPP Mata Pelajaran AIJ Kelas 12 TKJ

Perangkat RPP Mata Pelajaran AIJ Kelas 12 TKJ Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan...