Ringkasan materi dan umpan balik Pedagogi 2

Nama

:

Ahmad Ubaedi, S.Kom

NIM

:

203153772838

Program Studi

:

Teknik Komputer dan Informatika

Kelas

:

TKI-3

Group

:

Group 3

Asal Sekolah

:

SMK Negeri 1 Tunjung Teja Serang Banten

Ringkasan materi pedagogik 2

1.       Kegiatan belajar 1: Karakteristik Pembelajaran Abad 21

Orientasi pembelajaran di Indonesia sebagai berikut:

1. Berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving)

2. Kreatifitas dan inovasi (creativity and innovation)

3. Pemahaman lintas budaya (cross-cultural understanding)

4. Komunikasi, literasi informasi dan media (media literacy, information, and communication skill).

5. Komputer dan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (computing and ICT literacy)

6. Karir dan kehidupan (life and career skill)

Model pembelajaran abad 21 antara lain: Discovey learning, Pembelajaran berbasis proyek, pembelajran berbasis masalah , pembelajaran berdasarkan pengalaman, pembelajaran koopeatif, kolaboratif dan diskusi kelompok.Pembelajaran dengan konsep TPACK Technological, Pedagogical, Content Knowledge, kombinasi belaja blended learning dan berorientasi HOTS (High Order Thinking Skills).

 2.       Kegiatan belajar 2 : Profil Dan Kompetensi Guru Abad 21

Kompetensi Pedagogik

Kompetensi pedagogik yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru berkenaan dengan karakteristik peserta didik dilihat dari berbagai aspek seperti fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

Profesional : Pelaksanaan tugas sebagai guru harus didukung oleh suatu perasaan bangga akan tugas yang dipercayakan kepadanya untuk mempersiapkan kualitas generasi masa depan bangsa. Walaupun berat tantangan dan rintangan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas, guru harus tetap tegar dalam melaksakan tugas sebagai seorang pendidik.

Sosial : Kemampuan sosial meliputi kemampuan guru dalam berkomunikasi, bekerja sama, bergaul simpatik, dan mempunyai jiwa yang menyenangkan.

Kepribadian : Kompetensi profesional yaitu kemampuan yang harus dimiliki guru dalam perencanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran. Guru mempunyai tugas untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran

merupakan guru yang ideal di abad 21 adalah guru harus menjadi teman belajar, Canggih, Humoris dan memiliki empati serta kesadaran dengan panggilan jiwa.

3.       Kegiatan belajar 3 : Tugas Pokok Dan Fungsi Guru Abad 21

Menurut Undang-Undang Guru dan Dosen (UUGD) Nomor 14 tahun 2015 pasal 1 ayat (1) menyatakan guru adalah pendidik professional dengan tugas utama guru mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas besar dan mulia lainnya adalah mensukseskan implementasi kurikulum nasional yaitu kurikulum 2013 dan mencapai tujuan kurikulum 2013. Tujuan kurikulum 2013 mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan

4.       Kegiatan belajar 4 : Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Salah satu kemampuan dan tantangan guru abad 21 yang penting adalah kemampuan beradaptasi (adaptability), selain itu guru juga sebagai Profesional yang reflektif, Sebagai Pebelajar Mandiri, serta memiliki Keterampilan Belajar Mandiri. adapun komponen dalam pengembangan keprofesian yang berkelanjutan antara lain Pengembangan diri, Publikasi ilmiah dan Karya Inovatif


Umpan Balik

Pada abad 21 ada banyak hal yang perlu dipelajari oleh guru dalam menjadi seorang guru yang ideal, dengan mempelajari karakteristik pembelajaran abad 21 beserta tuntutan kemajuan teknologi. Kompetensi Guru harus terus diupgrade dari segi Kompetensi Pedagogi, Professional Sosial dan Kepribadian. Guru adalah seseorang yang digugu dan ditiru, guru yang dapat menjadi contoh atau model yang baik bagi peserta didik dengan menjadi seorang pembelajar sepanjang hayat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perangkat RPP Mata Pelajaran AIJ Kelas 12 TKJ

Perangkat RPP Mata Pelajaran AIJ Kelas 12 TKJ Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan...