PPG ANGKATAN 3 TAHUN 2020 UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Nama : Ahmad Ubaedi, S.Kom
NIM : 203153772838
Program Studi : Teknik Komputer dan Informatika
Kelas : TKI-3
Group : Group 3
Rangkuman Materi Pedagogi 4
Kegiatan Belajar 1: Merancang Pembelajaran Inovatif
Rancangan pembelajaran inovatif merupakan aktivitas persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pembelajaran terbaru di abad 21 dan terintegrasi dalam komponen maupun tahapan pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.Unsur-unsur pembelajaran antara lain; TPACK (Technological, pedagogical, content knowledge) sebagai kerangka dasar integrasi teknologi dalam proses pembelajaran, pembelajaran berbasis Neuroscience, pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics), dan unsur-unsur lain yang terintegrasi di dalam komponen dan tahapan pembelajarannya.
Karakteristik rancangan pembelajaran inovatif ditandai dengan penerapan unsur-unsur baru pembelajaran abad 21, antara lain: kolaborasi peserta didik-guru, berorientasi pada HOTS, mengintegrasikan ICT, berorientasi pada keterampilan belajar, mengembangkan keterampilan Abad 21 4C(Critical Thinking, Creative, Collaborative, Communication) dan 6 literasi ( literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan (Kemdikbud, 2017), serta penguatan pendidikan karakter peserta didik. Karakter lainnya yaitu adanya penerapan konsep TPACK, Neuroscience, Model pembelajaran STEAM maupun Digital Learning.
Kegiatan Belajar 2: Merancang Pembelajaran STEAM
Rancangan pembelajaran STEAM yaitu segala kegiatan persiapan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan unsur-unsur pendekatan STEAM baik secara tertanam (embedded) maupun terpadu (integrated) dalam komponen maupun tahapan rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Langkah-langkah menyusun RPP dengan pendekatan STEAM dapat dimulai dengan menyusun rumusan Tujuan Pembelajaran, mengeksplorasi Materi Pembelajaran, menentukan Model dan Metode Pembelajaran, dan menentukan Media, Alat dan Sumber Belajar, Menyusun Kegiatan Pembelajaran, menyusun Penilaian Pembelajaran, dan menyusun Kegiatan Tindak Lanjut.
Kegiatan Belajar 3: Merancang Pembelajaran Blended Learning
Perencanaan pembelajaran inovatif “blended learning”, diantaranya ;
1) menentukan model “blended learning” yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, fasilitas belajar, ketersediaan akses terhadap teknologi, durasi jam pelajaran, dan penguasaan aplikasi teknologi e-learning oleh guru;
2) menyusun rencana pembelajaran inovatif “blended learning” yang mencakup kegiatan:
menentukan tema pembelajaran, menuliskan kembali: identitas RPP, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dari RPP konvensional ke dalam RPP “blended learning”;
menganalisis rumusan tujuan pembelajaran yang ada pada RPP konvensional sebelum dituangkan ke dalam RPP “blended learning”;
menentukan metode penilaian dan kegiatan pembelajaran “blended learning” untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan;
menganalisis kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada RPP (konvensional) yang telah Anda buat sebelumnya dan menyusun Rencana Kegiatan Pembelajaran “Blended Learning”;
3) Menyiapkan bahan, alat/media, dan sumber belajar tatap muka dan daring. Ada beberapa aplikasi teknologi e-learning yang tersedia gratis di enternet yang bisa dipakai guru untuk melaksanakan pembelajaran “blended learning” di sekolah, diantaranya yaitu: Cisco Webex, SEVIMA EdLink, Google Classroom, Zoom Cloud Meeting, Edmodo, Moodle, dan Schoology.
Kegiatan Belajar 4: Merancang Pembelajaran Project Based Learning
Langkah-langkah merancang pembelajaran Project Based Learning dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: Menelaah KI dan KD, menulis Identitas, Menuliskan Indikator, Menuliskan Tujuan pembelajaran, Menentukan Metode Pembelajaran, Menuliskan Sumber Belajar, Menentukan Langkah-langkah Pembelajaran, dan Menilai Hasil Pembelajaran. Setelah membaca dan mempelajari materi kajian diatas semakin menguatkan bahwa, beberapa kegiatan tersebut telah dan biasa dilakukan namun tidak pernah mengetahui secara teori penamaan istilahnya. Dan semakin menguatkan juga bahwa perlu pengetahuan tentang teori-teori penunjang itu sangat penting juga untuk memadukan agar pembelajaran bisa berhasil .
Evaluasi Pembelajaran
Apa yang dapat disimpulkan dari pembelajaran ini?
Program Pendidikan Profesi Guru terutama dalam modul pedagogi ini sangat memberikan ilmu baru bagi saya sebagai seorang guru, bagaimana memahami peserta didik, memahami teori pendidikan, model pembelajaran beserta istilah istilah baru yang saya dapatkan seperti STEAM, TPACK, blended learning. ternyata itu semua secara tidak sadar, tapi belum secara tertulis di dalam perangkat pembelajaran. Apa pengalaman terbaik yang dapat Saudara sampaikan selama dan setelah mempelajari Modul ini?
Pengalaman mendapatkan ilmu baru, teman dan Fasilitator yang telah banyak berbagi ilmu kepada saya merupakan pengalaman yang terbaik. Pertanyaan-pertanyaan selama ini banyak terjawab dengan mengikuti pembelajaran di modul ini.Kelebihan dan kelemahan Saya selama mempelajari Modul ini?
Kelebihan saya yaitu semangat dalam mengikuti pembelajaran, baik secara Web Meeting dan Aktifitas di LMS walaupun dengan kondisi internet yang kurang stabil, saya berusaha untuk mengikuti kegiatan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.
Kelemahan saya yaitu kesulitan dalam memahami modul pembelajaran dengan waktu yang relatif singkat. Apa yang diharapkan dari pembelajaran ini?
Harapan saya semoga dengan pembelajaran ini dapat menambah ilmu dan meningkatkan kualitas profesi sebagai guru di masa yang akan datang. Dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran yang saya lakukan di sekolah dengan harapan untuk pembelajaran yang lebih baik lagi.
Umpan Balik
Materi yang disampaikan oleh fasilitator cukup lengkap, dilengkapi dengan fasilitas diskusi kelompok dan tanya jawab. Fasilitator juga menyampaikan poin poin penting terkait pembelajaran beserta substansi materi. Fasilitator juga aktif memberikan respon dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya beserta tips manajemen waktu dalam mengerjakan kegiatan pembelajaran.
Admin Helpdesk juga sangat membantu dalam memeberikan informasi jadwal dan pelaksanaan pembelajaran serta update menyampaikan berita terbaru dan respon dalam penanganan permasalahan baik di LMS maupun di grup.
LMS yang disediakan juga menunjang dalam kegiatan pembelajaran. disertai link, memberi tanda telah menyelesaikan kegiatan. tampilannya friendly dan mudah untuk digunakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar